diposkan pada : 22-12-2021 13:22:43

Simak,10 Kurma Favorit untuk Oleh Oleh Jamaah Haji Dan Umroh

Kurma menjadi salah satu oleh oleh yang wajib dibeli saat beribadah Haji Plus dan Umroh buah khas dari negara timur tengah ini mempunyai banyak sekali jenis dari yang lembek sampai belum matang pun ada. Tapi terkadang para jamaah haji dan umroh bingung untuk membeli kurma mana yang cocok untuk oleh oleh keluarga dan teman-teman di Indonesia. Maka dari itu saya akan memberikan info tentang Simak,10 Kurma Favorit untuk Oleh Oleh Jamaah Haji Dan Umroh

1. Kurma Ajwa atau Kurma Nabi

Kenapa kurma ini sering disebut kurma nabi karena katanya kurma ajwah ini adalah jenis kurma yang paling disukai nabi. Warna buahnya yang hitam gelap, dagingnya yang lembut dan rasanya yang tidak terlalu manis. Kurma jenis ini hanya ada di Kota Madinah, kurma ini juga memiliki nutrisi paling banyak diantara kurma lainnya.

Disebut juga sebagai “Kurma Nabi”, karena Rasulullah SAW. dahulu sangat menyukai dan kerap mengonsumsinya. Kurma Ajwa ini hanya tumbuh di wilayah Arab Saudi bagian barat atau Madinah. Mempunyai rasa yang tidak terlalu manis, hampir mirip dengan kismis. Warnanya hitam pekat sedikit kemerahan, berbentuk bulat dan memiliki tekstur kulit halus serta berkerut-kerut.  Buah yang satu ini juga dianggap sebagai kurma terbaik karena segudang khasiatnya baik bagi kesehatan

2. Kurma Sukari

Terkenal sebagai kurma keluarga kerajaan Arab Saudi, kurma Sukari tumbuh di Al Qaseem Arab Saudi. Karena Raja Arab dahulu senang mengonsumsinya dan lebih menyukai kurma tersebut dalam keadaan utuh. Berbeda dengan Rasulullah SAW. yang lebih senang memakannya ketika sudah dikeringkan. Kurma yang satu ini mempunyai warna coklat muda dengan kulit tipis kekuningan yang membungkusnya. Kurma Sukari berbentuk bulat, bertekstur lembut dan lumer ketika berada dalam mulut. Kemudian rasanya juga manis serta legit.

3. Kurma Medjool 

Jenis kurma Medjool ini berasal dari Maroko, dengan bentuk yang lonjong memanjang dan besar. Buahnya berwarna coklat tua, berdaging tebal, beraroma harum, berserat dan rasanya cukup manis seperti caramel.

Didatangkan langsung dari Amerika Serikat, salah satu dari beberapa jenis termahal di Indonesia. Tekstur dari kurma ini lebih legit dengan bentuk yang lebih besar dari yang lain. Rasa yang diberi pun manis dengan rasa asam yang minim.

4. Kurma Thoory

Biasa kita sebut dengan kurma thuri, kurma ini sangat terkenal di Aljazair. Kurma ini mempunyai tekstur yang cenderung kering dengan warna coklat kemerahan dan kalau kurma ini di keringkan warnanya akan berubah menjadi kebiruan.

enis buah kurma Thoory merupakan salah satu yang populer di Aljazair. Tekstur kurmanya sendiri sedikit keras dan tidak terdapat kacang di dalamnya. Walaupun begitu sensasi kacangnya tetap dapat terasa dengan dominan rasa yang manis. Warna kurma Thoory ini aslinya coklat kekuningan. Namun yang menjadi unik ialah ketika mengalami pengolahan berupa pengawetan, ia bisa berubah warna menjadi kebiru-biruan.

5. Kurma Khidri

Warna dari kurma ini adalah merah maroon dan dengan bentuk yang lonjong kurma ini mempunyai rasa yang enak. Kurma ini adalah kurma yang sering dijadikan olahan berbagai makanan karena rasanya yang tidak terlalu manis.

Jenis kurma satu ini sering menjadi olahan para koki sebagai campuran pada makanan. Meskipun warnanya cenderung merah tua, ternyata dari segi rasa tidak terlalu manis dan teksturnya sangat kenyal serta kering.

6. Kurma Amir Hajj

Kurma ini adalah kurma yang terkenal di Irak, daging buahnya yang tebal dan sangat lembut membuat kurma ini sangat disenangi oleh para pembeli. Kurma ini juga dikenal dengan welcome kurma karena kurma ini sering digunakan sebagai hidangan selamat datang untuk para wisatawan.

Dalam budaya di Irak, kurma satu ini sering menjadi hidangan bagi para tamu yang berkunjung atau disebut sebagai the visitor’s date. Daging buahnya sendiri tebal, lembut, berkulit tipis, serta rasanya cenderung manis.

7. Kurma Delight Noor

Kurma berikutnya biasa didatangkan dari Tunisia atau Al-Jazair. Dalam arti bahasa Indonesia, bermakna “kurma yang bercahaya”. Karena memang warnanya akan menjadi cantik keemasan ketika terkena sinar matahari. Kurma Deglet Noor berbentuk lonjong memanjang dan teksturnya lembut dengan rasa yang mirip dengan madu.

8. Kurma Safawi

Buah kurma Safawi menjadi salah satu kurma terbaik setelah kurma Ajwa. Pohonnya pun terkenal sangat produktif menghasilkan buah, sehingga lebih gampang menemukannya daripada populasi pohon kurma Ajwa. Kurma Safawi punya kulit yang bertekstur kering serta keriput. Namun daging buahnya ternyata tebal, kenyal dan rasanya legit tapi tidak terlalu manis.

9. Kurma Zaghloul

Buah ini memiliki rasa yang sangat manis bentuknya yang lonjong dan warnanya yang merah menjadikan buah ini terlihat seperti buah melinjo. Kurma ini termasuk kurma eksklusif karena harganya yang sangat mahal dan bahkan hanya orang-orang tertentu saja yang mengonsumsi kurma jenis ini.

10. Kurma muda

 

Di negara asalnya, kurma muda lebih dikenal dengan sebutan kurma Rutab. Kurma Rutab sendiri sebenarnya merupakan kurma yang masih setengah matang. Rasanya tidak terlalu manis dan memiliki tekstur yang agak lunak. Berbeda dengan kurma tua alias kurma Tamar yang sudah matang sempurna, memiliki rasa manis, dan teksturnya lebih lembek serta agak liat.

Kurma tidak hanya laris dijadikan santapan berbuka puasa. Bagi banyak pasangan yang ingin punya momongan, buah asal Jazirah Arab ini dipercaya dapat membantu meningkatkan kesuburan agar cepat hamil. Namun, yang dikonsumsi bukanlah buah kurma kering yang berwarna cokelat, melainkan kurma muda dengan warna sedikit kuning kehijauan.

Bagaimana apakah Anda masih bingung untuk memilih kurma jenis apa yang akan Anda beli untuk oleh-oleh saat beibadah Umroh atau Haji Plus nantinya. Itu tadi sedikit informasi tentang Simak,10 Kurma Favorit untuk Oleh Oleh Jamaah Haji Dan Umroh. Semoga Kita umat muslim dapat menunaikan ibadah umroh dan Haji Plus dalam waktu dekat. Aamiin YRA

 

 

 

 

 

Artikel lainnya »