diposkan pada : 20-12-2021 09:39:46

Mengunjungi Percetakan Al Quran Terbesar di Dunia di Madinah

Mengunjungi Percetakan Al Quran Di Madinah

Sebagai salah satu kota suci bagi umat Muslim Madinah jadi tujuan ibadah Haji dan Umroh. Saat berkunjung ke kota ini, mampirlah ke Pusat Percetakan Al Quran yang merupakan terbesar sedunia yang terletak di Madinah. percetakan Alquran adalah Salah satu tempat favorit untuk dikunjungi saat musim umrah milik Kerajaan Arab Saudi di Madinah. Di Katakan Percetakan Al Quran Terbesar di Dunia karena Di sini, sekitar 18 juta eksemplar Alquran diproduksi setiap tahun.

Lokasi percetakan berada dalam Kompleks Percetakan Alquran Raja Fahd atau Majma Malik Fahd Li Thibaah Mushaf Syarif.  Lokasinya tak jauh dari Masjid Nabawi. Hanya sekitar 11 kilometer (km).

Mengunjungi Percetakan Al Quran Terbesar di Dunia di Madinah

Majma Malik Fahd Li Thibaah Mushaf Syarif, begitu nama percetakan Al Quran terbesar di dunia. Percetakan ini terletak di jalan menuju Kota Tabuk, sekitar 10 Km dari Madinah. Kompleks Percetakan Al Quran ini sudah berdiri sejak tahun 1405 H (1984 M) di tanah seluas 25 hektar. Dan Pabrik percetakan Alquran ini diresmikan Raja Fahd Bin Abdul Aziz pada tahun 1984. 

Mengunjungi Percetakan Al Quran Terbesar di Dunia di Madinah

Inilah tempat berwisata sekaligus menambah ilmu dan wawasan tentang sejarah perkembangan Al Quran. Di dalam komplek percetakan yang sangat luas ini, terdapat juga juga sejumlah fasilitas lainnya seperti bangunan kantor utama, rumah sakit, gudang, kantin, rumah tinggal karyawan, toko, dan masjid.

Didukung 1.300 pekerja, pabrik beroperasi selama 24 jam. Puluhan juta eksemplar Alquran dicetak dalam 78 bahasa.

Jutaan eksemplar kitab suci dalam berbagai bentuk selanjutnya didistribusikan ke seluruh wilayah Arab Saudi. Serta puluhan negara di dunia.

Mengunjungi Percetakan Al Quran Terbesar di Dunia di Madinah

Gedung percetakan itu sendiri berbentuk seperti gudang. Di dalamnya terdapat mesin cetak berukuran besar dalam jumlah banyak, serta mesin pemotong kertas. Di lantai dasar, traveler akan melihat lembaran bakal Al Quran yang sudah dicetak, tapi belum dipotong dengan ketinggian mencapai tiga hingga empat meter!

Dibuka untuk Umum

Mengunjungi Percetakan Al Quran Terbesar di Dunia di Madinah

Percetakan Alquran ini terbuka untuk umum. Namun hanya dibuka sejak pukul 08.00 WAS sampai 14.00 WAS.

Pengunjung bisa melihat langsung proses produksi Alquran. Namun saat masuk ke dalam pabrik, pengunjung harus antre. Sebab jumlah pengunjung dibatasi sekitar 15-20 orang per rombongan.

Masing-masing rombongan diberikan waktu sekitar 15 menit untuk melihat langsung proses pencetakan kitab suci Alquran. Dalam sehari jumlah pengunjung pabrik percetakan Alquran ini sekitar 3.000 orang.

Usai melihat langsung, pengunjung bisa mendapatkan langsung Alquran secara cuma-cuma, satu buah per orang. Bila kurang tersedia lokasi pembelian Alquran dengan berbagai ukuran.

Demikianlah Artikel Tentang Mengunjungi Percetakan Al Quran Terbesar di Dunia di Madinah Semoga bisa menjadi refrensi wisata bersejarah saat anda umroh dan haji saat berada di madinah.

Artikel lainnya »