diposkan pada : 11-12-2021 10:43:27

12 Fakta Menarik Tentang Masjid Nabawi, Masjid Terbesar Kedua di Dunia

Salah satu tempat ibadah yang paling disucikan umat Muslim di dunia adalah Masjid Nabawi yang terletak di Kota Madinah. Di balik kemegahannya, terselip berbagai hal menarik seputar didirikannya Masjid Nabawi.  Masjid Nabawi adalah salah satu masjid yang didirikan oleh Nabi Muhammad SAW. Masjid ini menjadi masjid terbesar kedua di dunia, setelah Masjidil Haram di Kota Mekkah. 

Masjid ini didirikan oleh Nabi Muhammad SAW pada tahun 632 atau sekitar 1400 tahun yang lalu. Semula, masjid ini dibangun tanpa atap. Pada waktu itu, Masjid Nabawi dijadikan sebagai tempat berkumpulnya masyarakat, majelis, hingga sekolah agama.

Selain fakta tersebut, ada informasi-informasi lain yang membuat masjid ini begitu istimewa. Fakta-fakta lain mengenai Masjid Nabawi mungkin belum banyak diketahui umat Muslim di seluruh dunia, maka dari itu simak penjelasan di bawah ini. 

Fakta Masjid Nabawi

 

Berikut 12 Fakta Menarik Tentang Masjid Nabawi, Masjid Terbesar Kedua di Dunia yang menjadi tujuan umat Muslim saat ingin berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW. 

1. Lokasi Bangunan Masjid Bekas Pemberhentian Unta 

Sebelum menjadi masjid yang begitu besar, dahulu Masjid Nabawi merupakan lahan kosong dengan sejumlah pohon kurma yang tumbuh di atasnya. Tepatnya, lokasi pembangunan masjid ini merupakan tempat pemberhentian pertama unta yang ditunggangi Rasulullah ketika tiba di Madinah.

2. Pernah Terbakar

Beberapa ratus tahun setelah didirikan, Masjid Nabawi sempat terbakar. Api yang berkobar menghancurkan atap, tiang masjid, hingga dinding pembatas makam Nabi Muhammad SAW. Akhirnya tempat suci ini segera direnovasi oleh para pemimpin negara Muslim. 

3. Wilayah Jazirah Arab yang Dialiri Listrik Pertama   

Ketika Kerajaan Ottoman memperkenalkan listrik di Jazirah Arab, tempat pertama yang menikmati listrik merupakan Masjid Nabawi. Masjid ini mulai dialiri listrik sekitar tahun 1909.

4. Ukuran Masjid Lebih Luas dari Kota Kuno Madinah

Saat pertama kali dibangun oleh Rasulullah, Masjid Nabawi berukuran sekitar 50 meter x 50 meter. Seiring berjalannya waktu, serta semakin banyak jamaah yang datang, masjid terus diperluas. Kini luasnya mencapai lebih dari 100 ribu meter persegi. Bahkan luasnya berkali-kali lipat dari Kota Madinah di masa lampau. 

5. Kubah Masjid Sempat Berwarna Ungu

Kubah terkenal di Masjid Nabawi pernah dicat berwarna ungu sekitar 150 tahun lalu. Ungu dipilih karena kabarnya warga Arab di wilayah Hijaz menyukai warna tersebut.

6. Makam Nabi Muhammad SAW

Makam Nabi Muhammad ditandai dengan pintu berlapis emas dan warna karpet kehijauan berbeda dengan warna karpet lainnya di dalam masjid. Tepat di sebelah makam dan mimbar Rasulullah, terdapat raudhah yang mempunyai arti taman surga.

Raudhah adalah sebuah bilik kecil di mana doa-doa yang dipanjatkan di sini diyakini akan dikabulkan oleh Allah SWT. Hampir sebagian besar umat Islam yang datang di tempat ini menangis, sambil terus bermunajat kepada Allah SWT.

7. Ada kuburan kosong di ruang Nabi

Sebagian besar umat Islam percaya ada satu lahan makam yang belum terisi. Lokasinya persis di sebelah Rasulullah, Abu Bakar, dan Umar bin Khattab dimakamkan. Umat Islam percaya kelak makam itu akan diisi Nabi Isa AS di akhir zaman. Namun, kepercayaan itu masih diperdebatkan.

8. Tidak Memiliki Kubah

Selama lebih dari 650 tahun setelah Rasulullah SAW wafat, tidak ada kubah di atas makam beliau. Baru pada tahun 1290, Kekalifahan Mamluk menambahkan kubah yang terbuat dari kayu. Kubah hijau yang kita lihat sekarang sebenarnya kubah luar di atas makam Nabi. Namun, ada kubah yang lebih kecil yang bertuliskan nama Rasulullah SAW, Abu Bakar, dan Umar bin Khattab

9. Payung Raksasa Hasil Kerjasama Jerman dan Jepang

Di pelataran Masjid Nabawi ada puluhan payung raksasa yang terbuka otomatis sebelum adzan subuh dan tertutup menjelang magrib. Payung-payung itu ditempatkan pada tahun 2010 sebagai proyek Medina Haram. Proyek tersebut melibatkan berbagai pihak termasuk arsitek SL-Rasch, Menteri Perekonomian Arab Saudi, pabrik payung Jerman yaitu Liebherr, serta perusahaan Jepang bernama Taiyo Kogyo.

10. Pita Penurun Suhu

Pada pinggir payung raksasa, terdapat pita biru yang mengelilinginya. Pita itu terbuat dari material khusus sehingga membuat suhu di bawahnya turun 8 derajat celcius secara otomatis. Di tengah suhu Madinah yang terkadang mencapai 45 derajat celcius, tak heran banyak jamaah yang senang berlindung di bawah payung-payung tersebut. 

11. Memiliki 3 Mihrab

Kebanyakan masjid hanya memiliki satu mihrab. Namun, Mesjid Nabawi memiliki tiga. Mihrap yang saat ini digunakan tempat imam memimpin Shalat. Mihrab lainnya, Suleymaniye merupakan mihrab yang dibangun semasa Usmaniyah untuk imam Hanafi. Sementara mihrab terakhir dibangun di tempat Rasulullah selalu memimpin shalat. Mihrab ini kemudian digunakan imam Maliki untuk memimpin shalat.

12. Penuh Tanda-Tanda Rahasia

Salah satu bagian Masjid Nabawi terkenal dengan sebutan Raudlah (taman surga). Doa-doa yang dipanjatkan dari Raudlah ini diyakini akan dikabulkan oleh Allah swt. Raudlah terletak di antara mimbar dengan makam (dahulu rumah) Rasulullah S.A.W Diterima dari Abu Huraira

Miqot;Tempat yang terletak di antara rumahku dengan mimbarku merupakan suatu taman di antara taman-taman surga, sedang mimbarku itu terletak di atas kolamku.Miquot; (Riwayat Bukhari) 

Setiap bagian Masjid Nabawi memiliki rahasia seperti kode Da Vinci. Tentu, rahasia itu tidak dimaksudkan untuk mengalihkan perhatian umat Islam saat shalat.

Demikanlah Penjelasan Tentang 12 Fakta Menarik Tentang Masjid Nabawi, Masjid Terbesar Kedua di Dunia. Semoga Kita Smua Umat Muslim Dapat Berkunjung Ke Mesjid Nabawi Dan Menjalankan Ibadah Umroh Dan Haji Plus.. Aamiin YRA

 
Artikel lainnya »