diposkan pada : 09-12-2021 13:32:39

Raudhah, Taman Surga di Masjid Nabawi

Surga menjadi tempat yang paling diimpikan oleh seluruh umat Muslim di dunia. Namun, sebelum itu, seorang Muslim harus melewati berbagai fase di akhirat untuk bisa merasakan nikmatnya surga. Meski demikian, umat Muslim bisa berkunjung ke sebuah tempat yang disebut dengan “taman surga”, yaitu Raudhah atau Raudhatul Jannah.

Raudhah merupakan tempat berdoa paling mustazab yang ada di Masjid Nabawi yang terletak di kota Madinah. Sebagaimana Masjidil Haram, Masjid Nabawi memiliki keutamaan yaitu melipatgandakan ganjaran shalat bagi mereka yang shalat di dalamnya. “Shalat di masjidku ini (Masjid Nabawi) lebih baik daripada 1000 shalat di tempat lain, kecuali di Masjidil Haram.” (HR. Muslim).

Mengutip Buku Pintar Calon Haji oleh Fahmi Amhar dan Arum Harjanti (1996: 123), dahulu Raudhah terletak di antara rumah Nabi Muhammad SAW dan mimbar Masjid Nabawi. Namun, seiring dengan perluasan Masjid Nabawi, kini Raudhah terletak di dalam masjid. Lokasi inilah yang menjadi tempat bagi jemaah haji dan umrah untuk beribadah serta memanjatkan doa.

Pastinya bagi jamaah Haji maupun Umrah yang tengah berada di Madinah akan berlomba-lomba agar bisa menunaikan sholat di Raudhah yang ada di Masjid Nabawi. Berikut adalah tipsnya:

Selain berangkat dari sabda Rasulullah tersebut, penamaan “taman surga” dikaitkan dengan banyaknya orang yang meyakini bahwa dengan duduk dan beribadah di sana akan merasakan ketenangan layaknya di taman surga akhirat.

Tak heran, kini banyak orang yang berebut untuk ikut menikmati surga tersebut. Akibatnya, seperti yang telah disinggung, Raudhah menjadi tempat yang selalu ramai dan penuh sesak oleh jamaah haji dan umrah untuk beribadah.

Kawasan Raudhah sendiri sebenarnya berada di shaf lelaki. Hanya saja ada jam-jam tertentu bagi kaum hawa untuk bisa shalat dan berdoa di Raudhah, yaitu pada ba’da subuh, sekitar pukul 05.30-11.00 dan ba’da zuhur, sekitar pukul 11.30-15.00.

 

 

 

Artikel lainnya »