diposkan pada : 03-12-2021 12:16:46

7 Khasiat Air Zam Zam yang Bagus untuk Kesehatan

Air zam zam adalah air yang berasal dari sumur yang berada di Arab Saudi dan sudah sejak lama dipercaya memiliki berbagai keunggulan. Dari segi agama dan budaya, manfaat air zam zam sudah tidak diragukan. 

Lantas, bagaimana jika dilihat dari sisi ilmiah?

Secara ilmiah, manfaat air zam zam ternyata juga bisa terbukti. Air zam zam dinilai bisa menurunkan kolesterol, mencegah osteoporosis, hingga mengurangi risiko seseorang terkena kanker.

Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisinya yang lebih baik dibanding air minum biasa. Berikut ini penjelasan lebih lanjutnya untuk Anda.

7 Khasiat Air Zam Zam yang Bagus untuk Kesehatan

Air zam zam dikenal juga sebagai air doa karena sejarahnya yang berkaitan erat dengan kisah nabi. Banyak orang yang mengonsumsinya dengan harapan bisa menyembuhkan penyakit, bahkan cepat mendapatkan jodoh.

Secara ilmiah, manfaat air zam zam untuk kesehatan memang sudah terbukti. Mengonsumsi air ini secara teratur, dapat memeberikan berbagai keuntungan untuk tubuh Anda, seperti:

1. Menurunkan kolesterol

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, terlihat hasil bahwa hewan yang diberikan air zam zam mengalami penurunan kadar kolesterol yang cukup drastis jika dibandingkan dengan kelompok hewan yang mengonsumsi air biasa.

Hal ini diperkirakan karena air zam zam mengandung berbagai mineral seperti sodium, kalsium, magnesium, kalium, klorida, dan fluoride dalam jumlah yang tinggi.

Magnesium sendiri, sudah terbukti dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.

2. Mencegah osteoporosis

Manfaat air zam zam selanjutnya adalah dapat mencegah osteoporosis alias pengeroposan tulang. Khasiat ini bisa didapatkan karena air zam zam memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

Seperti yang kita tahu, kalsium adalah mineral yang sangat penting untuk menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat.

Di dalam air zam zam, terdapat 300-340 mg/L kalsium. Sementar itu, air mineral biasa hanya memiliki kalsium 28-32 mg/L.

Per harinya, orang dewasa umumnya membutuhkan 800-1.200 mg/L kalsium. Lalu pada wanita yang sudah menopause, kebutuhan ini akan meningkat yaitu hingga 1.500 mg/L setiap harinya.

3. Mencegah gigi berlubang

Air zam zam dianggap mampu mencegah gigi berlubang karena kandungan fluoride yang dimilikinya. Fluoride adalah mineral yang berguna untuk menjaga keutuhan permukaan gigi.

Jika kekurangan fluoride, maka gigi akan rapuh sehingga rentan berlubang. Itulah alasannya dokter gigi selalu menyarankan untuk menyikat gigi menggunakan pasta gigi berfluoride.

4. Melindungi tubuh dari berbagai penyakit

Air zam zam bisa meningkatkan stimulasi AQP. AQP atau aquaporin adalah lapisan air yang membentang di permukaan membran dan berperan penting untuk mengatur cairan yang ada di dalam sel.

Pada manusia, terdapat sekitar 10 jenis AQP dan semuanya bisa distimulasi oleh air zam zam. Hal ini membuat konsumsi air zam zam dinilai berpotensi mencegah penyakit seperti katarak kongenital (katarak pada bayi), masalah ginjal, dan diabetes.

5. Menstimulasi sistem reproduksi

Manfaat air zam zam untuk kesehatan sistem reproduksi juga dinilai patut dipertimbangkan. Sebab, air ini sudah digunakan sebagai salah satu metode untuk mengatasi kegagalan implantasi sel telur dan menstimulasi berbagai komponen pada endometrium atau rahim yang dibutuhkan untuk reproduksi.

Hal ini bisa didapatkan dari kandungan kalsium dan magnesium yang tinggi pada air zam zam.

Meski begitu, untuk Anda yang memiliki masalah seputar organ reproduksi, tetaplah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang sesuai. Sebaiknya, jangan gunakan air zam zam sebagai perawatan utama kecuali telah mendapatkan persetujuan dari dokter.

6. Membantu mencegah kanker

Air zam zam dinilai bisa membantu mengatasi dan mencegah kanker karena sifat anti-inflamasi alias antiperadangan yang dimilikinya cukup kuat. Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, konsumsi air zam zam secara teratur dalam jumlah tertentu selama satu bulan, terbukti bisa mengecilkan ukuran tumor.

Tumor adalah penonjolan pada jaringan yang bisa bersifat lunak (non-kanker) atau ganas (kanker). Penelitian ini menemukan bahwa air zam zam bisa memicu terjadinya respons imun yang spesifik sehingga bisa melawan sel-sel tumor.

Selain itu, air zam zam juga terbukti bisa meningkatkan jumlah komponen yang dapat mencegah kanker di tubuh yaitu Bikunin, Lunasin, dan Bowman Brikinhibitor.

7. Lebih sehat dari air minum biasa

Jika pernah mengonsumsi air zam zam, Anda mungkin bisa mengenali ada perbedaan rasa antara air ini dengan air biasa. Selain rasanya, perbedaan juga datang dari komponen mineralnya. Air zam zam memiliki kadar mineral yang lebih kaya dibanding air biasa.

Meski manfaat air zam zam di atas terlihat menggiurkan, Anda tetap disarankan untuk tidak menjadikannya sebagai metode pengobatan utama. Tetaplah berkonsultasi ke dokter jika Anda memiliki keluhan seputar kesehatan.

Beberapa manfaat di atas pun baru terbukti pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji. Oleh karena itu, perlu penelitian lebih lanjut untuk bisa memastikan manfaatnya pada manusia.

Berapa lama air zam zam bisa disimpan?

Air zam zam bisa disimpan dalam waktu yang lama, bahkan hingga bertahun-tahun. Sebuah penelitian dilakukan 30 sampel air zam zam dikumpulkan dari para jemaah haji yang membawa pulang air tersebut ke negara asalnya. Hasilnya setelah dua tahun, kualitas air zam zam tersebut masih sama baiknya dan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya tak berubah. Jadi, selama Anda menyimpannya di tempat yang bersih serta tertutup dengan baik, maka air ini bisa dinikmati dalam jangka waktu lama.

Demikainlah Artikel 7 Khasiat Air Zam Zam yang Bagus untuk Kesehatan. Semoga Bermanfaat 

Artikel lainnya »